Watch, Read, Listen
LoginIndeks
banner 728x250
Berita  

71 Tahun SMPN 5 Yogyakarta, Pawitikra Merdeka, Kreatif dan Berprestasi

banner 120x600
banner 468x60

Pawitikra.com – Beragam kegiatan memeriahkan puncak peringatan HUT ke-71 SMP Negeri 5 Yogyakarta (Pawitikra), Senin (25/7/2022). Selain diikuti warga sekolah (siswa, guru dan karyawan), peringatan HUT juga dihadiri sejumlah alumni, komite sekolah, Paguyuban Pengurus Forum Orang tua Siswa (FOS), pengurus IKA Pawitikra dan stakeholders terkait.

Acara peringatan HUT diawali upacara dengan Pembina Upacara Prof dr Ova Emilia MMed Ed SpOG(K) PhD (alumni Pawitikra 1979 yang saat ini menjabat Rektor UGM). Dilanjutkan pemotongan tumpeng dan pelepasan 71 ekor burung sesuai ultah Pawitikra.

banner 325x300

Acara semakin meriah dengan kreativitas siswa menampilkan tari-tarian tradisional, ansamble, solo dan grup vocal, solo violin dan band, drama musikal, geguritan, karawitan hingga pertunjukan wayang dalang cilik. Bintang tamu dalam acara ini yaitu grup vocal ‘Redsox DPR’.

Kreativitas dan seluruh penampilan siswa mengimplementasikan Penguatan Program Profil Pelajar Pancasila yang menjadi tujuan dari Kurikulum Merdeka.

Kepala SMPN 5 Yogyakarta, Siti Arina Budiastuti MPd BI menuturkan, sekolah ini didirikan pada 23 Juli 1951 (berusia 71 tahun). Capaian prestasi yang telah diperoleh sampai saat ini adalah bukti nyata karya kita semua. Sukses itu diperoleh karena sejak awal semua stakeholders sekolah sangat kompak.

“Jadi kesuksesan yang telah kita peroleh adalah hasil dari kerja keras antara sekolah, orang tua siswa, dinas/pemerintah, kalangan swasta, dan juga NGO (Non Government Organization). Keberhasilan ini bukanlah keberhasilan orang perorang tetapi hasil kerja hebat kolektif,” kata Arina.

Menurut Arina, dengan tema ‘Pawitikra Merdeka, Kreatif dan Berprestasi’, SMP Negeri 5 Yogyakarta siap menyongsong Implementasi Kurikulum Merdeka. “Mari kuatkan kolaborasi dan bukan kompetisi. Mari bergerak maju bersama, untuk Pawitikra yang luar biasa,” ujarnya.

Salah satu almumni berprestasi yang hadir adalah Letda Inf Rafi Naufal Arfiansyah STr (Han) yang meraih Anugerah Adi Makayasa Akmil AD 2022 dari Presiden RI. Rafi adalah lulusan Pawitikra tahun 2015. Setelah lulus SMP, Rafi melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara Magelang dan Akademi Militer (lulusan terbaik Akmil tahun 2022).

Menurut Rafi banyak bekal ilmu pengetahuan maupun keterampilan yang didapat selama belajar di SMPN 5 Yogyakarta. Antara lain kemampuan menjalin relasi dengan banyak pihak (termasuk teman-teman sekolah) dan berorganisasi yang sangat mendukung pendidikannya di militer.

“Pesan saya untuk adik-adik saya Pawitikra, tentukan cita-citamu dan teruslah bermimpi, jangan takut gagal karena bisa jadi kegagalanmu adalah awal keberhasilan,” pesan Rafi yang hadir bersama Pramusinto (ayah) yang juga merupakan alumni Pawitikra tahun 1985.

Ketua Komite Sekolah, Supriyono mengatakan, HUT ke-71 SMPN 5 Yogya bukan sekadar peringatan seremonial atau perayaan selebrasi semata. Ada semangat memotivasi para siswa dengan menghadirkan keteladanan dari para lulusan yang berprestasi. Juga merupakan apresiasi pada para guru dalam mendorong tumbuhnya ekosistem prestasi di SMPN 5 Yogya.

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *